Tips Ampuh Memilih Jurusan Yang Diinginkan di SNMPTN 2017 - UNPku

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Saturday, January 28, 2017

Tips Ampuh Memilih Jurusan Yang Diinginkan di SNMPTN 2017


Tips Ampuh Memilih Jurusan Yang Diinginkan di SNMPTN 2017

Pada 21 Februari nanti para siswa SMA kelas XII atau sederajat mulai mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2017. Perlu kamu ketahui, tahun ini alokasi calon mahasiswa yang akan diterima dari jalur ini adalah minimal 30 persen untuk setiap perguruan tinggi negeri (PTN).

Persaingan yang sangat kompetitif dalam SNMPTN 2017 mengharuskan calon mahasiswa untuk cerdas dalam memilih kampus dan program studi (prodi). Nah, supaya peluang diterima makin besar, yuk simak beberapa tips dalam menentukan pilihan prodi berikut ini.

1. Tentukan jurusan

Banyak calon mahasiswa yang bingung harus mendahulukan pilihan PTN atau prodi. Jawabannya, kamu harus tentukan prodi atau jurusan yang diinginkan. Setelah itu, baru tentukan PTN yang tepat dan menyediakan prodi pilihanmu. Calon mahasiswa juga diharapkan tidak memilih jurusan yang menyimpang dari jurusan sekolahnya, misalnya dari IPA ke IPS atau sebaliknya. Hal itu hanya membuat peluangmu diterima semakin tipis.

2. Pelajari jurusan pada PTN
Cari tahu informasi mengenai daya tampung jurusan tersebut. Lihat jumlah pendaftar, jumlah yang diterima, serta sebaran siswa diterima dari SNMPTN tahun sebelumnya. Dalam SNMPTN, siswa boleh memilih maksimal dua PTN, asalkan satu pilihannya berada di provinsi yang sama dengan asal sekolah. Di sisi lain, beberapa PTN enggan dijadikan sebagai pilihan kedua. Bijaklah dalam memilih prodi dan PTN, yaitu disesuaikan dengan nilai rapormu.

3. Lihat profil sekolah

Panitia SNMPTN 2017 memberi jatah sekolah berakreditasi A sebanyak 50 persen siswa terbaik di sekolahnya. Akreditasi B sebanyak 30 persen siswa terbaik, dan akreditasi C sebanyak 10 persen siswa terbaik. Artinya, meski nilaimu tidak terlalu tinggi, peluang lolos SNMPTN semakin besar jika sekolahmu punya akreditasi yang baik. Setelah mengetahui akreditasi sekolah, baru tentukan PTN mana yang peluang diterimanya tinggi.

4. Faktor alumni
Perhatikan jumlah alumni yang lulus di PTN tahun lalu. Kampus biasanya akan melihat prestasi kakak kelasmu yang sudah diterima di tahun sebelumnya. Jika hasilnya memuaskan, bukan tak mungkin peluangmu diterima di PTN tersebut semakin besar. Nah, yang terakhir yaitu...

5. Berdoa

Supaya jalan menuju PTN impian dipermudah, jangan lupa untuk terus berdoa. Kemudian, jangan menyerah dan tetap berusaha. Semoga sukses dengan pilihannya.


Sedikit info untuk SNMPTN 2017
Tips Ampuh Memilih Jurusan Yang Diinginkan di SNMPTN 2017

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here