Mengetahui NISN Dengan Mudah - UNPku

Breaking

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Thursday, March 3, 2016

Mengetahui NISN Dengan Mudah

Mengetahui NISN Dengan Mudah
nisn


Seperti kita ketahui bersama Nomor Induk Siswa (NIS) adalah kombinasi angka yang diberikan oleh pihak sekolah kepada masing-masing siswa menurut buku induk yang dimiliki sekolah tersebut. Nomor Induk Siswa ini berbeda-beda setiap jenjang pendidikan yang ditempuh, Mulai dari SD, SMP, dan SMA tentu berbeda. Sedangkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) adalah kombinasi angka yang membedakan satu siswa dengan siswa lain. NISN ini bersifat tetap (Permanen) artinya NISN yang dimiliki sejak SD akan berlaku sampai SMA.

NISN sendiri terdiri dari 10 angka, dimana 3 angka awal merupakan tahun kelahiran siswa tersebut. Misalnya, seorang Siswa miliki NISN 0012334455, berarti siswa tersebut lahir pada tahun 2001.

Untuk apa NISN ini diberlakukan ?

Ada beberapa manfaat dengan mengetahui NISN ini, diantaranya:

1. Tetap (Permanen) seumur hidup

Sifatnya yang permanen seumur hidup ini , seorang siswa tidak perlu lagi mengganti Nomor induk setiap pergantian jenjang pendidikan

2. Melihat perkembangan siswa

NISN memudahkan sekolah, orang tua, bahkan siswa sendiri memantau perkembangan seorang siswa. Baik itu perubahan data yang terjadi, mutasi, hingga tingkat kelulusan dan putus sekolah

3. Memudahkan sistem pengelolaan online

Sistem pengelolaan NISN secara online memudahkan unit-unit kerja baik pusat hingga daerah untuk mendatanya.

Bagaimana Cara mengetahui Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)?

untuk mengetahui atau mengecek NISN adalah:

1. Membuka tautan berikut ini: nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data

2. Akan terbuka Tab pencarian, kita bisa mencari berdasarkan NISN (Jika sudah ada) dan melalui nama (Jika Belum mengetahui NISN)

Post Top Ad

Responsive Ads Here